Minggu, 06 September 2015

Sejarah dan Perkembangan Komputer

Oke guys kita mulai lagi dengan materi yang lain. Apa itu kawan - kawan ? Yups perkembangan komputer dalam kehipan manusia. Tentang sejarahnya yang dari barang segede rumah menjadi barang atau perangkat yang bisa ditenteng enteng pake tangan yang bisa dijadikan teman makan, nongkrong, belajar, hiburan, nonton film dan lain - lain . Yah tapi disini kita bakal mbahas mulai dari awal sejarahnya dulu yah? habis itu baru pemanfaatannya dalam kehidupan manusia. 
Oke komandan
Lets check it out!

Tau gag guys sebenere komputer pertama yang dibuat itu segede gaban. Bayangin aja panjangnya 30 m, tingginya 2,4 m dan berate 30 ton. Yaelah malah udah kayak rumah aja ( Rumah ane aja kalah gedenya -_- )
Dan tau kah klo listrik yang dipakai buat ngidupin tu komputer sebanyak 174 kilowatt. Bayangin aja tuh kalo sekarang bisa ngidupin sekampung, bisa buat nyate 100 badak, bisa buat muterin mesin ratusan pabrik. Yah , maklum sih soalnya di waktu atau jaman ini komputernya masih menggunakan vacum cube yang gede - gede buat penguat sinyalnya. Jadi ya itu penyebab kenapa komputernya segede itu. 



Komputer generasi pertama

 Noh liat guys segede apa komputer generasi pertama

Sekarang kita akan memulai ke generasi yang kedua. Disini ada perkambangan yang cukup signifikasn dikarenakan telah ditemukannya transistor. Baik dalam kecepatan maupun ukuran terjadi perbedaan yang cukup besar.






Komputer generasi kedua

Walapun terjadi perkembangan yang cukup pesat dikarenakan ditemukannya transistor tetap ditemui kendala yang sangat merepotkan. Yaitu panas yang berlebihan sehingga kita harus hati-hati dalam waktu penggunaan.

Oleh karena itu ilmuwan berusaha mencari sebuah solusi untuk itu sehingga ditemukanlah IC atau Integrated Circuit. IC adalah kumpulan beberapa transistor yang dijadikan satu sehingga untuk segi ukuran juga jauh lebih kecil dan lebih cepat. Dan yang paling penting masalah panas bisa sangat dikurangi.





Komputer generasi ketiga

Dengan ditemukannya IC maka perkembanga komputer menjadi semakin cepat. Disini dibuatlah sebuah chip kecil yang disini berisi banyak transistor bahkan ribuan yang menjalankan semua tugas. Baik proses, memori , maupun yang lain. Di masa ini masih dijadikan satu.

Komputer generasi keempat 

Sekarang kita akan memasuki ke generasi kelima. Yaitu komputer yang kita gunakan sekarang. Disini ribuan transistor dipadatkan menjadi satu yang disebut microprocessor. Untuk ukuran lebih kecil dan tentunya untuk kecepatan maka lebih cepat.


Komputer generasi sekarang
 
 
 
Dan sekarang kita akan membahas apa aja sih pemanfaatan IT dalam kehidupan manusia. Kalo kita membahas tentang ini maka sebenarnya bisa dipastikan bahwa hampir semua dalam segi kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari yang namanya komputer.Entah itu dalam bidang keuangan, bisnis, perusahaan, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga riset, periwisata, dan juga hiburan. Tapi pokok yang bisa diambil dari penggunaan komputer adalah dalam fungsi pengarsipan, pendataan, perhitungan, dan juga fasilitas yang lain. Contoh dala perusahaan komputer berguna untuk managing perkerjaan yang bahkan hampir semuanya membutuhkan perngarsipan, perhitunga, pendataan, pernyimpanan data, dan hal yang lain. 

Semua orang membutuhkan internet juga untuk memperlanjar semua proses yang terjadi dalam perusahaan. Jadi ya itu, semua membutuhkan komputer dalam kehidupan manusia. Untuk berkomunikasi dengan orang lain pun kita juga membutuhkannya. 




Jadi ya seperti itu, bahwa komputer sudah menjadi sendi dalam kehidupan manusia. Bahkan tidak cukup beribu lembar untuk menjelaskan semua pemanfaatannya. Jadi sekian aja kawan. Semoga tulisan saya bermanfaat. Sehingga saya pun akan merasa berguna untuk semuanya. 

Oke cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Untuk gambar saya cari di google. :D 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 






















0 komentar:

Posting Komentar

 
;